Kamis, 08 Desember 2011

CEMBURU...(THE STORY OF A BATTLE)


Sore yang gelap berawan, entah kenapa saya males pulang walaupun jam kantor sudah agak lama berakhir. Suasana kantor yang masih rame juga bikin saya tambah malas pulang. Akhirnya saya memilih browsing dan membalas email teman. Tiba-tiba seorang ibu masuk ruangan. Si Ibu itu suami teman kerja saya. Dia langsung melenggang masuk dan duduk di kursi dekat sang suami. Kebetulan atasan saya (bapak2) juga duduk di sebelah mereka berdua.
               Nah, cerita dimulai saat atasan saya--yang lebih memilih digantung daripada disuruh diam—mulai nyerocos sana sini. Jadi, si ibu itu orangnya cemburuan dan seluruh orang di ruangan saya tahu betapa diktatornya dia sama si suami. Mussolini lewat daah..
                Percakapan pun dimulai, atasan saya melancarkan serangan,”Bu, cowok itu kalau semakin dikekang, dia semakin berontak”. Sekedar info bagi yang nggak tahu, kata-kata itu merupakan sindiran biar si ibu nggak terlalu galak sama suaminya, hahaha. Si ibu sepertinya ngerasa kalau disindir, serangan tak terduga  tepat di jantung sasaran, “Tergantung cowoknya kali pak”, si ibu nggak mau kalah. Atasan saya tambah ngotot mempertahankan argumen. Baginya kalah debat itu penghinaan terbesar, “Oh, enggak, cowok emang begitu sifatnya..bla..bla..bla”.
                Karena nggak siap dengan serangan beruntun barusan, si ibu nekat, mengeluarkan senjata pamungkasnya, “Bapak berani lawan saya??”. Saya sebagai penonton  kaget, si ibu yang dari luarnya kelihatan ramah dan diam bisa menjadi agresif seperti itu. Mari kita simak jawaban atasan saya,”Jangankan lawan ibu doang, lawan ibu sekeluarga saja saya nggak takut”. Suer saya ngakak waktu dengar. Untung saja sebelum salah satu pihak meluncurkan serangan kamikaze*, suami  si ibu buru-buru menengahi sembari becanda,”Tuh kan pak, istri saya emang gitu”. Dan akhirnya suami istri itu pulang tanpa diketahui siapa yang memenangi pertandingan. Penonton kecewa..(enggak ding!)
                Sekilas cerita nyata tadi kelihatan seperti komedi penyegar suasana di kantor pada sore hari.  Tapi bagi saya yang belum berkeluarga, ada hal yang patut direnungkan, terlalu cemburu itu nggak baik, betul?
Jujur, saya pun semakin dikekang justru semakin berontak. Sebaliknya, semakin dipercaya, saya semakin bertekad untuk memegang amanah itu. Dan kebanyakan orang memang begitu :D
Alhamdulillah Ayah Ibu saya, selama 24 tahun berumah tangga, setahu saya belum pernah bertengkar hanya karena masalah cemburu buta, padahal Ayah saya bekerja di kota lain. Memang cemburu itu tanda cinta, tapi masih banyak cara mengekspresikan cinta yang lain, yang lebih indah dibanding cemburu berlebihan. Saling percaya itu indah, kawan.
Cemburu itu perlu dan manusiawi, tapi kalo overdosis nggak bagus tentunya. Efeknya nggak bagus buat kita sendiri dan juga buat orang di sekitar kita. Sudah tak terhitung pasangan atau sahabat yang hubungannya bertahan lama saat ditanya rahasia hubungan langgeng mereka, dengan mantap menjawab : saling percaya. Wuiiih, semoga bisa belajar dari ini. CU

2 komentar:

  1. ckck suhai...berguru ilmu rimah tangga yaa..
    negmeng2 ada tag tugas di blog ku... 11-11-11

    BalasHapus
  2. wkwkwk...anis, nggak ada salahnya to, mumpung banyak senior disini. Oke, segera :ketkp

    BalasHapus