Minggu, 21 Agustus 2011

Cara menghitung dengan jari di berbagai negara


Let's talk about gesture : Cara menghitung dengan jari di berbagai negara 

Jari kita fungsinya emang banyak banget, teman. Bentuknya yang bercabang banyak kayak tentakel gurita memungkinkannya menjalankan banyak fungsi, salah satunya menghitung. So, kali ini kita bakal ngomongin gesture manusia dalam menghitung dengan jari di berbagai negara.

a)      Indonesia dan mayoritas negara2 lain (ini yang paling lumrah)

Pada saat hitungan belum mulai, jari mengepal. Begitu menunjukkan angka 1, jari telunjuk dikeluarkan, hitungan kedua jari tengah menyusul, hitungan ketiga giliran jari manis muncul, keempat jari kelingking dan pada hitungan kelima baru si ibu jari unjuk gigi.

b)    Perancis
Kalo di Perancis, hitungan pertama tidak dimulai dari jari telunjuk, tapi ibu jari. Hitungan kedua jari telunjuk, tiga jari tengah, keempat jari manis dan terakhir si kelingking.

c)    Jepang
Di Jepang kebiasaan menghitung dengan jari lebih aneh. Yang sering liat anime atau dorama mungkin nyadar dengan gaya berhitung orang Jepang. Hitungan dimulai dengan telapak tangan terbuka lebar. Saat memasuki hitungan kesatu, ibu jari dilipat, hitungan kedua jari telunjuk ikut dilipat, dan seterusnya hingga saat masuk hitungan kelima posisi tangan mengepal. 

Segitu dulu infonya, jika ada yang mau menambahkan silakan. Kalau dalam urusan hitung menghitung, jari memang banyak banget membantu. Makanya tempat-tempat seperti kursus sempoa dan jarimatika menjamur. Tapi tentu saja kita tidak akan membahas hal itu di sini, itu di luar konteks.

Sumber: buku dan artikel yang pernah dibaca penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar