Kamis, 02 Februari 2012

How Dare You !

Pagi-pagi sudah galau..ada aja yang memicu, Astaghfirullah... Saya tuh nggak pernah pasang password untuk komputer kantor yang saya pakai. Komputer itu bukan barang milik pribadi, selain itu buat jaga-jaga saja saat ada teman yang butuh komputer itu saat saya nggak ada. Padahal, di komputer itu tercatat rahasia-rahasia saya, password ke berbagai akun yang saya punya pun pake "remember my password" (ketahuan males ngetik). Saya nggak ambil pusing dengan privasi..di situlah letak salahnya.

 Pagi ini, setelah kemarin saya meninggalkan kantor untuk satu keperluan, saya temukan ada yang "menjelajahi" komputer saya. Saya tahu setelah mengecek "recent documents" di Ms. Word, OMG...ada file-file lama saya, yang seharusnya jadi rahasia...dibaca orang, dan orang itu jelas bukan saya. Saya pikir saya sudah aman, saya nggak mungkin sembarangan nyimpen file-file yang berisi rahasia saya.
Saya kaget setengah mati. Sebelumnya ada rekan yang pernah bilang "Mbak, tadi saya lihat Mbak lagi browsing apa aja, ternyata bla bla bla..". What??? dia liat saya browsing apa aja? untung saya lagi nggak buka situs aneh-aneh.

 Pliiis, kantor memang ruang publik, tapi tiap orang butuh privasi, mengingat lamanya kita berada di kantor, terlebih bagi saya yang manusia introvert. Kalau memang butuh suatu file terkait kerjaan, bisa kan nanya sama orang yang bersangkutan.

Saya jadi teringat cerita seorang penulis muslimah, yang kebetulan satu profesi dengan saya. Si Akhwat itu kena fitnah, dituduh menerima uang haram 10 juta. Setelah diselidiki, si akhwat sadar, itu isi cerpen yang dia buat dan disimpan di komputer kantor. Satu lagi korban manusia rempong.

Ok, I learned something... rahasiamu, kamu sendiri lah yang harus menjaganya. Komputer kantor memang bukan punya saya, tapi saya lah yang diserahi tugas untuk menjaganya. Password has been set...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar