Selasa, 07 Februari 2012

Cara Bikin Jenggot dan kumis pake Potoshop I

Well, this is my first time giving tutorial in Photoshop, and I’m just a beginner..jadi maaf kalo kurang jelas. Prinsip saya sih, betapa pun sedikit ilmu yang kita punya, kalau bisa bagilah biar bermanfaat. Naah... efek jenggot yang saya kenal di Photoshop ada dua macam. Yang pertama jenggot tipis tipe mafia gitu, trus yang kedua jenggot yang lebat tipe Osama bin Laden. Ini nih contohnya:
 
Suka yang mana?
Oiya, pertama-tama, I’d like to say Gomenasai to Nishikido Ryo-san berhubung potonya saya edit-edit.
Okelah, kita mulai tutorial yang pertama.
A. Cara Bikin Jenggot dan Kumis Tipis
·         Buka Adobe Photoshop, saya sendiri pake yang CS3, makin update makin baik deh. Kemudian, buka poto yang ingin Anda edit, caranya klik File>Open terus browse deh. 
 
·         Langkah kedua, buat layer baru di atas layer foto yang Anda buka tadi, pake aja shortcut CTRL+Shift+N , kasih nama “jenggot” atau apa aja terserah Anda. Kemudian, kita persiapkan untuk member alas jenggotnya, klik “color picker”, klik di wajah korban biar kita dapat warna yang sama dengan warna kulitnya. Kalau sudah di OK ya..


·         Klik “brush tool”, sesuaikan ukurannya dengan foto korban. Saya sendiri memakai softrounded brush dengan ukuran 14. Sapukan secara merata di muka korban.


·         Pilih Filter>Blur>Gaussian Blur  ...saya bikin 2,7 pixel, tapi Anda bebas berkreasi.
 
·         Langkah selanjutnya, kita kasih noise...caranya klik Filter>Noise>Add Noise . Jangan lupa contreng tulisan “monochromatic”-nya, Anda bisa pakai yang Gaussian ataupun Uniform. Saya sendiri memakai yang Gaussian dengan Amount 25,08.
 
·         Next... klik Filter>Blur>Radial Blur...pilih yang “zoom”, Quality-nya saya sarankan yang “best”. Amountnya secukupnya saja, jangan terlalu besar..kira-kira besarnya 4 sampai 6 deh.
  ·        Masih aneh kan? Ya iyalah, kan kita belum selesai..selanjutnya, pilih blending mode-nya yang tadinya “normal” ke “multiply”. Kalau bingung dimana letaknya, lihat tanda merah di gambar berikut.
·         Naah, udah mulai keliatan bagus kan? Selanjutnya tahap akhir, sesuaikan warnanya, ke Image>Adjustment>Black and White...geser2 deh segitiganya..bisa lihat punya saya nih.

·         kalau keliatan nggak rapi, bisa hapus kumis atau jenggotnya, tapi saya sarankan pilih brushnya yang bentuknya nggak beraturan ya...bisa lihat contoh di bawah.
·         Selesai deh, Anda bisa juga atur “brightness/contras”nya atau “curves”nya..caranya klik Image>Adjustment>Brightness/Contrast atau Curves. Yuk kita lihat hasilnya! Lumayan kan buat ngisengin orang...(jangan dink..), Wow...he looks so manly


BERSAMBUNG ke sini



5 komentar: