Kamis, 04 Oktober 2012

Harajuku Fashion

It's been a long time, huh!
I do miss this place and actually wanna write everything down...but when I came up with a quite brilliant idea, I didn't know... I didn't feel like writing..(I was to blame and no execuse for this)

Oke, sudah cukup basa-basinya. Sebelum berpanjang lebar, saya mau nanya...Apa yang terlintas pertama kali saat mendengar kata "Jepang"?
Yak, jawabannya pasti sangat beragam tergantung selera masing-masing. Kemungkinan jawabannya seputar ninja, samurai, anime, honda, dll...masih panjang listnya. Tentu saja tidak hendak membahas semua hal tersebut, teman. Di postingan ini saya mau fokus ke fashion-nya.
Yupp...It's Harajuku.

Hah? Harajuku yang aneh itu?
Kalo mau dibilang aneh sih, memang aneh...unik tepatnya. Tapi tahukah kalian kalau harajuku itu banyak sub atau jenisnya? dari style yang bikin orang menganggap kita sinting sampai stye yang cool bak artis Kpop. Oiya, meskipun fashion Asia dipandang sebelah mata oleh orang barat, bukan jaminan penggemarnya nggak banyak lho.So, let's find this out together!

Jadi, Harajuku itu nama area di sekitar Stasiun Harajuku yang terletak antara Shinjuku dan Shibuya, di kawasan kota Tokyo, Jepang. Tiap Minggu, para remaja di sana ngumpul dan bersosialisai..lengkap dengan style harajuku mereka. Kalo dibayangin pasti aneh kan, mirip karnaval. Tapi berhubung itu udah tradisi di sana, jadinya yah seru-seru aja..justru itu menjadi daya tarik wisatawan. Nggak heran ada beberapa brand internasional yang mengusung gaya Harajuku pada hasil rancangan mereka.
Ini dia nih jenis-jenisnya:

  1. Gothic Lolita

Gothic Lolita in Anime

Gothic Lolita for girls
 
Gothic Lolita style for men
Gothic Lolita atau Goth Loli adalah style perpaduan gaya boneka porselen Victoria dan Gothic. Ciri khususnya : dark make up, rok lebar selututdengan ruffle, warna biasanya sekitar hitam, putih, merah, dan ungu. Gaya ini dipopulerkan oleh para personil band Visual Kei seperti Malice Mizer, Luna Sea, Plastic Tree dll.

2.  Decora & Kawaii


Decora berasal dari kata "decoration" dan Kawaii dalam bahasa Jepang berarti "cute" . Style ini menitikberatkan pada penggunaan baju berwarna terang, berlayer-layer dan aksesoris yang berlebihan.

3. Cosplay

Seperti keluar dari komik..
Gank-nya Naruto, Sasuke, Hinata, Kakashi Sensei, dll..
Ada Sesshoumaru juga..Salam buat Inuyasha ya..!

Kalau ini sih udah pada sering liat di Festival Anime atau Festival Jepang ya. Cosplay berasal dari kata "costume" dan "play". Intinya sih bergaya ala tokoh anime gitu.

4. Gyaru

Gyaru berasal dari kata "girl"..Maklum lidah orang Jepang belibet kalo ngomong bahasa Inggris. Ada yang bilang fashion gyaru diadaptasi dari penampilan cewek-cewek di LA sana. Gaya ini sering dipakai para artis Jepang maupun Korea. Sebenernya sub Gyaru fashion itu banyak..ada shirogyaru (white gyaru), kogaru (yang ini lebih dark) dan masih banyak lagi. Berhubung terbatasnya waktu dan tempat, saya kasih contoh garis besarnya saja ya..

Nah, tren Harajuku sebenernya nggak sebatas yang saya jelaskan tadi karena pada kenyataannya terdapat perpaduan antara style satu dengan yang lainnya. Jadi kalau masih penasaran, cari sendiri ya :D

XOXO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar